Monday, 25 June 2018

Play Live Streaming

Live Streaming Radio Audisi BPTIK DIKBUD Prov. Jateng mengudara setiap Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB

Resolusi Tahun Baru 2018

Written by  Published in Berita Wednesday, 14 February 2018 02:56
Rate this item
(0 votes)

RESOLUSI TAHUN BARU 2018

By Imam Santosa

 

RESOLUSI TAHUN BARU 2018

Menurunkan berat badan, ikut race untuk pertama kalinya, lari lebih jauh, lari lebih cepat. Berbagai macam resolusi pasti sudah mulai disipakan yang berhubungan dengan lari dan kesehatan Anda di tahun 2018. Mari kita coba rangkum satu persatu.

 

Dapat berlari lebih baik di tahun 2018?

 

Semua runners pasti menginginkannya. Tanggal 1 January pasti akan menginspirasi banyak teman-teman semua untuk bermimpi lebih besar lagi. Menurunkan 5 kilo berat badan, berlari secara rutin, mendapatkan medali race untuk pertama kalinya, berlari lebih jauh, berlari lebih cepat dan lain lain. Dan percaya atau tidak, resolusi di tahun baru sangatlah bagus karena sebagian besar orang yang membuat resolusi tahun baru akan punya kecenderungan lebih besar untuk mewujudkan mimpi mereka dari pada yang tidak membuat resolusi tahun baru sama sekali. Bagaimana mungkin bukan apabila Anda ingin membidik sebuah target apabila targetnya sendiri tidak ada. Namun demikian, mimpi juga tidak akan berarti apapun apabila Anda tidak berusaha untuk mewujudkannya.

 

Berikut ada beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk segera mewujudkan resolusi tahun baru 2018 tanpa harus menunggu tahun berganti.

 

RESOLUSI 1: MULAILAH BERLARI SECARA RUTIN

Jadwalkan sekitar 2 sampai 5 kali dalam seminggu untuk berolahraga (jalan, jogging, bersepeda, berenang atau berkegiatan olahraga lainnya) dengan masing-masing sesi sekitar 30 – 60 menit – menurut hemat saya, jadwal tersebut cukuplah untuk menjaga kesehatan jasmani Anda dan juga membangun sebuah rutin tanpa harus membuat tubuh Anda kelelahan. Tips untuk membuat rutin tersebut berjalan adalah dengan membut jadwal tersebut tetap atau “tidak bisa ditawar” apapun yang terjadi. Buat pengingat di gadget Anda dan kalau perlu tulislah di status facebook, twitter atau bb Anda karena apabila Anda tidak melakukannya, cap pembohong, pembual atau songong niscaya akan menempel di tubuh Anda

 

Apabila Anda akan memulainya, jangan pernah memperkosa tubuh Anda sendiri dengan memaksa diri Anda sendiri dengan berlari secara keras padahal Anda baru saja memulai rutin olahraga. Tubuh Anda, sekuat apapun, butuh penyesuaian. Seperti Simbok dan Bapak kita selalu bilang, “Alon-alon asal kelakon.”

 

Jangan lupa untuk merekam kegiatan lari Anda sebagai bahan pengingat betapa hebatnya Anda karena sudah mau memulai sebuah rutin yang sehat. Gunakan aplikasi seperti nike+ atau endomodo atau kalau perlu catat secara manual di buku harian agar Anda bisa melihat progress Anda sendiri. Jangan lupa memberikan reward kepada diri Anda sendiri apabila sudah melampaui rutin lari selama periode tertentu missal seminggu, 2 minggu, 1 bulan dan lain-lain. Reward bisa berupa pedicure, sepatu baru, pijat refleksi atau hal lain yang akan membuat Anda “HERI” atau hebring sendiri.

 

 

RESOLUSI 2: VARIASIKAN MENU MAKAN ANDA

Memang hidup itu harus seimbang namun bukan berarti setelah Anda berlari sejauh 5 kilo Anda akan makan 5 kilogram nasi dan lauk pauk.

 

Seorang pelari atau penggiat lari membutuhkan asupan makanan yang cukup agar kondisi badan tetap terjaga. Carilah informasi mengenai asupan makanan yang tepat untuk penggiat lari di internet dan akan banyak Anda temukan informasi tersebut.

 

RESOLUSI 3: TETAPKAN TARGET 5K

Jarak 5km itu merupakan jarak minimal yang mampu menghasilkan pembakaran kalori. Jadi, mari tetapkan sebuah target atau titik finish untuk menaklukkan 5km dengan berlari. Apabila berlari masih menyusahkan Anda, jalan pun akan membuat Anda sampai di titik 5 km. Jangan menyerah, garis finish akan setia menunggu Anda dan tidak akan pergi ke mana-mana. Ingat, mungkin saja David Beckham atau JKT48 sedang menunggu Anda di garis finish.

 

RESOLUSI 4: TINGGIKAN TARGET ANDA

Siapa bilang Anda tidak mampu menaklukkan 10K, 15K, 20K, Half Marathon atau bahkan Full Marathon? Hanya otak Anda saja yang sering menggoda Anda untuk lebih suka menyelesaikan 5K dan selalu bilang 5K itu cukup.

Jadi apabila Anda memutuskan naik kelas, buang jauh-jauh otak Anda. Dengarkan saja kaki Anda.

 

Dan ingat, share info kenaikan kelas Anda ke media social. Akan banyak yang akan memberikan ucapan selamat dari pada yang mencibir Anda.

 

Kaus kaki baru, sepatu baru atau baju olah raga baru akan menjadi semacam rewards yang akan menyenangkan diri Anda sendiri.

 

RESOLUSI 5: TURUNKAN BERAT BADA ANDA

Minumlah air putih apabila Anda merasa lapar. Terkadang haus Anda yang sedang menipu Anda sendiri.

 

Mulailah perhatikkan apa yang Anda makan. Setiap Anda membaca tips untuk menurunkan berat badan, hampir semuanya artikel Anda memberikan saran makan ini, makan itu, kurangi anu dan tambahkan itu.

 

Semua kembali ke diri Anda sendiri. Anda yang menentukkan apa yang ingin Anda makan. Tapi apabila Anda benar-benar menginginkan tahun 2018 adalah tahun untuk Anda bersinar, tentukanlah apa yang seharusnya Anda makan. Kurangilah gorengan-gorengan, kurangi menambahkan gula ke minuman Anda dan lain-lain.

 

Ingatlah, Anda sudah sangat jauh manis tanpa harus menambahkan gula kedalam semua hal yang Anda konsumsi.

 

Perubahan drastis tidaklah bagus untuk tubuh Anda sendiri. Jadi mulailah dengan hal yang kecil seperti mulai memperbanyak porsi sayur dan buah-buahan.

 

RESOLUSI 6: TETAP TERMOTIVASI

Buang jauh-jauh segala alasan yang membuat Anda berhenti untuk berlari, cuaca dingin, tidak ada teman, baju kotor, keinginan untuk tidur, menonton drama Korea dan lain-lain. Hal-hal tersebut tidak akan meningkatkan kemampuan lari Anda atau membuat tubuh Anda terlihat lebih menarik. Jadi berhentilah mendaftar alasan-alasan untuk menghentikan rutin lari Anda.

 

Kombinasikan olah raga Anda agar Anda tidak merasa bosan dengan rutinitas lari Anda. Latih otot-otot lain selain otot lari dan lakukanlah beberapa core exercises. Ingat 20 menit sampai 30 sudahlah cukup.

 

RESOLUSI 7: BERLATIHLAH YOGA

Yoga adalah salah satu bentuk olah tubuh yang akan membantu Anda memaksimalkan fleksibiltas atau kekuatan otot tubuh Anda. Namun hal yang paling penting dari yoga buat para pelari adalah, Yoga membantu Anda untuk mengatur nafas lebih baik lagi saat lari.

 

Google akan membantu Anda mencarikan situs terbaik untuk belajar yoga untuk pemula.

 

RESOLUSI 8: CARILAH TEMAN

Ikutilah komunitas lari terdekat di sekitar Anda seperti SEMARANG RUNNERS yang bukan hanya saja meberikan Anda ke akses teman lari lebih banyak lagi tapi juga membuka peluang untuk:

  1. Bersenang-senang dengan pilihan kegiatan yang pastinya menyenangkan.
  2. Belajar lebih banyak lagi mengenai lari dan berbagi ilmu dengan yang lain juga.
  3. Sebagai akses informasi untuk event lari, race, marathon.
  4. Berkompetisi secara positiv untuk meningkatkan performa lari dengan member lain di dalam komunitas.  

RESOLUSI 9: COBALAH JENIS LARI YANG LAIN

Ada beberapa jenis lari yang bisa Anda coba seperti TRAIL RUN dan BAREFOOT RUNNING.

Apabila Anda mulai merasa bosan dengan rutinitas ROAD RUNNING, sudah saatnya untuk mencoba trail run yaitu lari di alam bebas. Menikmati keindahan alam dan aroma segar dari kebebasan. Pastikan Anda memahami seluk beluk trail run sebelum melakukannya. Buatlah event sendiri bersama-sama di komunitas lari Anda (SEMARANG RUNNERS) atau ikutlah dengan komunitas trail run (HASH HOUSE HARRIERS).

 

Atau apabila Anda mulai jenuh dengan sepatu Anda dan ingin merasakan hal yang berbeda dengan berlari tanpa alas kaki, tidak ada selahnya mencoba barefoot running. Memang banyak resiko apabila Anda melakukkan barefoot running tapi apabila Anda melakukannnya  dengan baik, benar dan aman, pasti Anda akan merasakan sensasi lari yang sangat berbeda. Carilah informasi mengenai barfoot running di internet, bergabung dengan komunitas Barefoot Running Indonesia atau bertanya dengan mereka yang sudah terbiasa barefoot running.

 

Demikian beberapa hal kecil yang bisa mulai Anda pilih dan lakukkanlah. Tidak pernah ada yang salah apabila Anda mulai mencoba dan selalu dengarkan tubuh Anda.

 

Ingat, semua jenis olah raga apapun pasti ada resikonya. Sekecil apapun itu. Selama Anda melakukannya dengan baik, benar dan aman, manfaat sajalah yang akan Anda terima.

 

Imam Santosa

*Imam Santosa adalah seorang penggiat lari dan co founder dari Semarang Runners, komunitas lari tertua dan terbesar di kota Semarang. Imam percaya bahwa lari membuat dia bahagia, dari bisa pergi ke banyak tempat, bertemu banyak teman dan juga bisa membawa impact positive terhadap lingkungan sekitar.

 

Read 5516 times Last modified on Wednesday, 14 February 2018 04:47

Leave a comment